Memahami Penggunaan 'The' dalam Bahasa Inggris

Baik dikesempatan ini, kita tidak akan mempelajari semua cara untuk menggunakan 'The,' karena akan membutuhkan waktu berhari-hari.

Tapi, saya akan memberikan beberapa penjelasan sederhana, yang akan membuatnya mudah untuk diingat bagaimana menggunakan 'The' yang benar dalam bahasa Inggris.

Hal pertama yang harus diingat adalah bahwa ada puluhan, atau mungkin ratusan aturan tentang penggunaan 'The'. Dan dari beberapa aturan, memiliki beberapa pengecualian pula.

Baik, kalau begitu, mari kita mulai dengan pengertian dari 'The'.

Memahami Penggunaan 'The'

Pernahkah kamu memikirkan apa yang dimaksud dengan 'The? Apa fungsi dari 'The' dan kapan kita menggunakan nya?

Sebagai contoh..

jika saya mengatakan "The book is on the shelf", kenapa kita perlu mengguakan 'The' pada awal kalimat?

Ketika kita menggunakan 'The' sebelum kata benda (noun), itu berarti kita sedang membicarakan satau hal yang spesifik atau sekelompok hal. 'The' adalah kalimat untuk menunjuk.

'The' menjawab bentuk pertanyaan seperti "Wich one...?" Sama halnya dengan 'This' dan 'That'.

Sebagai contoh..

jika saya mengatakan , "I like apples", itu berarti saya menyukai apel secara umum. (semua apel).

Jika saya mengatakan "Give me an apple", itu juga berarti tidak spesifik. Maksudnya, berikan saya apel terserah apel yang mana saja.

Tetapi, jika saya mengatakan "Give me the red apple", saya menggunakan 'The' karena saya berbicara tentang 1 apel yang spesifik/secara khusus yang saya inginkan. Saya tidak butuh apel yang lainnya, saya ingin apel merah tadi.

Sekali lagi, 'The' berarti kita sedang membicarakan tentang sebuah hal yang spesifik atau sekelompok hal.

Coba kita lihat lagi pada contoh penggunaan lainnya..

Jadi kita menggunakan 'The' juga ketika membicaran hal yang keberadaannya hanya satu.

Contoh.. 'The Eiffel Tower' (menara Eiffel). Hanya satu menara Eifel di dunia ini.

"The richest men in the world". kita tidak boleh mengatakan "two the richest men in the world". Orang terkaya yakni hanyalah satu.

Atau "The moon", yakni bulan hanya satu.

Kita juga menggunakan 'The' ketika seseorang yang Anda sedang ajak berbicara mengetahui hal mana yang sedang kamu bicarakan.

Jadi kalau saya bilang.. "Put it on the table",  Tentu ada banyak meja di dunia ini. Mungkin juga ada banyak meja di ruangan ini.

Tapi pada kasus tadi, Anda sudah tahu meja mana yang saya maksud..

Jadi saya gunakan 'The' karena kamu melihat nya.

Atau jika saya mengatakan, "I will meet you outside the Cinema at 08.00." Itu berarti kita telah membicarakan tentang renacana kita.

Kamu tahu Cinema (bioskop) yang mana yang sedang kita bicarakan. Jadi saya menggunakan 'The'.

Kita juga menggunakan 'The' untuk membicarakan jenis hal spesifik dalam sebuah arti yang luas,

Contohnya..

"The computer has changed the way business works". kita mengatakan "The computer" maksudnya semua computer.

"The computer" disini merujuk pada ide atau jenis-jenis komputer. Atau contoh lain..

"The English are famous for their manners". (Orang Inggris terkenal dengan tata kerama mereka).

Kita membicarakan semua orang Inggris sebagai suatu grup. Jadi sekali lagi, kita menggunakan 'The'.

Atau saya juga bisa mengakatan "The wolf can be a dangerous animal" (Serigala dapat menjadi seekor binatang yang berbahaya.

Sekali lagi, saya membicarakan tentang semua serigala sebagai sebuah grup, bukan tentang satu spesifik serigala.

Jika kamu ingin mempelajari bagaimana menggunakan 'The' dengan benar, kamu juga perlu mempelajari kapan tidak menggunakan nya.

Secara normal, kita tidak menggunakan 'the' saat berbicara tentang hal yang umum atau general.

Jadi, jika saya bilang "Big cities are more expensive," kota besar secara umum.

Kemudian jangan menggunakan 'The' untuk nama negara (countries). Kita tidak boleh mengatakan 'The Germany', itu salah.. tetapi cukup 'Germany'.

Namun, ada beberapa satu atau dua pengecualian. Seperti "The United States" atau "The United Kingdom".

Kita tidak menggunakan 'the' untuk nama kota, nama orang, jalan, dan nama perusahaan.

Penggunaan 'the' juga bisa merubah maksud dari sebuah kalimat dalam beberapa kasus. Coba kita perhatikan pada dua kalimat berikut dan coba Anda perhatikan perbedaannya :

jika saya bertanya, "Do you like tea?" dengan "Do you like the tea?"

Keduanya benar, tetapi memiliki arti yang berbeda. Jadi "Do you like tea?" maksudanya secara umum kamu menyukai teh?

Sedangkan ""Do you like the tea?" maksudnya sekarang anda sedang meminum teh, kemudian saya menanyakan apakah kamu menyukai tehnya?

Itulah tadi cara bagaimana menggunakan 'The' mudah-mudahan bermanfaat. Dan ingat, kalian harus bersabar dalam mempelajarinya karena ini membutuhkan waktu yang tak sedikit untuk dapat menggunakannya dengan benar.  So, mudah-mudahan bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel