Ini dia trik simple membedakan a, an, dan the dalam bahasa inggris

Hay guys, terimakasih karena telah mengunjungi situs English santai. Hari ini kita akan membahas tentang perbedaan a, an, dan the dalam bahasa inggris. Apa perbedaan dari penggunaan ketiga kata tersebut?

Kapan sebenarnya kita menggunakan nya?  Baik untuk menjawab permsalahan tersebut, sekarang saya akan tunjunkan kepada kalian berupa trik simpel khususnya buat kalian yang sampai saat ini masih bingung dan kadang tertukar dalam menggunakan kata a, an, dan the dalam bahasa inggris. Perlu kalian ketahui bahwa dalam Bahasa Inggris, a, an, dan the dikenal sebagai article. Jadi sekarang kita akan belajar tentang article.  Simak baik-baik yah!


 1. Penggunaan "A" dan "An"

Perbedaan "A" dan "An"

Kenapa saya tidak memisahkan antara "a" dan "an" dimasing-masing pembahasan saja? Karena memang arti dari "a" dan "an" adalah sama. Hanya yang membedakan adalah huruf awal nama benda yang mengikuti kata tersebut. 

"A" digunakan ketika huruf awal nama benda yang mengikutinya adalah huruf consonant. Contoh:
A book (Sebuah buku)
A car  (Sebuah mobil)
Sedangkan "AN" digunakan ketika huruf awal nama benda yang mengikutinya adalah vowel. Contoh:
An island (Sebuah pulau)
An american (Seorang berkebangsaan amerika)

Ketereangan : 

a, i, u, e, o adalah huruf vokal (vowel). Semua huruf di alfabet selain huruf  a, i, u, e, o dinamakan huruf konsonan (consonant) .

Kamu tidak boleh mengatakan :

An book
An car
ataupun
A island
A american


Pada saat kapan menggunakan "A" dan "An"?? 

Jadi diatas kita baru membahas seputar tentang perbedaan dari "a" dan "an" saja. Dan kini saat nya kita membahas pada saat kondisi seperti apa atau kapan kita menggunakan "a" dan "an"?

 Jadi, "a" dan "an" digunakan untuk menunjukkan suatu benda yang jumlah nya hanya satu (singular) yang mana benda tersebut belum diketahui. 

Misalkan ada teman anda yang memberitahukan kepada Anda seperti ini:

Hey, I saw a book on the table (Hey, saya melihat sebuah buku di atas meja). 

Nah, kata book/buku disini anda belum tahu. Buku apakah itu. Jadi begitulah penggunaan an dan an. Ketika kita ingin menginformasikan sesuatu kepada orang lain yang mereka belum tahu, maka gunakanlah kata "a" sebelum kata benda yang mengikutinya atau benda yang hendak kita beritahu. Ingat "a" dan "an" hanya untuk menunjukan kata benda (noun) saja. 

Contoh lain. Misalkan saya memberi tahu mu seperti ini:
I ate an apple yesterday (Saya makan apel kemarin).
Saya memberitahu kamu bahwa saya memakan apel kemarin. Kamu tidak tahu apel apa yang saya makan. Apakah itu apel merah atau apel hijau.  Kamu tidak tahu... Maka saya harus menambahkan kata "a" sebelum kata apel tadi (dalam rangka memberitahu sesuatu yang baru). Pasti dengan contoh tersebut anda sudah tidak bingung lagi..

2. Penggunaan "The"


Ini nih yang paling sering ditanyakan kebanyakan English Learners. Kapan sih kita menggunakan kata "The"? Jadi begini, kata The digunakan ketika kita ingin memberitahukan sesuatu yang orang kita beri tahu itu juga sudah tahu tentang apa yang kita bicarakan. Yup, ini memang masih berkaitan dengan penggunaan "a" dan "an". Yang mana bisa saya katakan bahwa, penggunaan "The" merupakan lawan dari penggunaan "A" dan "An". Contoh.
I ate the apple yesterday. (Saya memakan apelnya kemarin). 
Saya memberitahukan kamu bahwa saya memakan apel nya kemarin. Apel yang mana? Apel yang kita bicarakan sebelumnya di contoh penggunaan "A" dan "an" diatas.  Dalam kasus ini, saya memberitahukan sesuatu yang kamu juga sudah tahu sebelumnya. Sudah paham kan?

Kesimpulan

Jika misalkan setelah membaca contoh diatas kalian masih bingung juga, maka agar kelian benar-benar memahami penggunaan "a","an" dan "the", maka saya akan memberikan sebuah contoh sederhana yang mungkin ini bisa membantu kalian yaitu berupa contoh paragraf.

Yesterday, I saw a book on the table. The book is red. I don't know whose book was it. I thought it was Anggis's book. 
Coba kalian baca secara saksama contoh paragraf pendek diatas.  Perhatikan pada kalimat pertama. Dikalimat pertama, saya memberitahu kalian bahwa saya melihat sebuah buku. Kalimat selanjutnya, "Buku itu warnya merah". Saya sudah tidak bilang "a book is red" tetapi saya mengatakan "the book is red" karena teman-teman sudah tahu buku mana yang saya maksud. Yaitu buku yang diatas meja. Jadi itulah beberapa trik simple cara membedakan a, an, dan the dalam bahasa inggris, mudah-mudahan bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel