Pemula di bahasa Inggris?

Bisa berbahasa inggris membutuhkan kerja keras dan juga kesabaran. Cepat atau lambat suatu penguasaan bahasa, ditentukan oleh seberapa sering Anda mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-haridan dan juga cara Anda belajar. Tidak ada ketentuan waktu yang mematok Anda untuk menjadi lancar, semua itu tergantung dari Anda sendiri. Sekalipun Anda sudah lama belajar bahasa inggris belum tentu Anda bisa menguasainya. 


Begitupun sebaliknya dalam waktu yang singkat Ada orang yang mampu menguasai bahasa inggris dengan cepat, itu semua mungkin berkat dari usaha keras dan frekunsi penggunaan bahasa inggris yang ia lakukan. Ada beberapa tips buat Anda yang ingin sekali belajar bahasa inggris, tetapi Anda bingung harus memulainya darimana. Tenang saja, berikut ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan jika Anda adalah seorang pemula di bahasa Inggris. Simak baik-baik.

1. Hafal Alphabet dan Number 
A B C D E F G H I...
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10..
Ini adalah bagian paling dasar dalam mempelajari suatu bahasa. Bagaimana tidak, setiap saat Anda pasti berhadapan dengan masalah kata (yang berkaitan langusng dengan huruf pastinya). Bagaimana bisa ANda bisa menciptakan sebuah kata atau bahkan kalimat tanpa huruf. Nah begitu juga dengan angaka, dalam kehidpan ini kita sering berhadapan dengan yang namanya jumlah, maka penting untuk mempelajari angka, tambahan juga ordinal dan cardinal number.

2. Pelajari penggunaan kosa kata sehari-hari.
I, You, They, We, She, He, It..
Beautiful, Handsome, Good, Bad..
Bahasa sederhana atau bahasa sehari-hari adalah bahasa yang paling banyak dan sering diucapkan. Bahasa ini merupakan langkah awal dalam mempelajari suatu bahasa. Sebelum kita mengenal bahasa tekhnis (bahasa formal atau bahasa yang jarang didengar) kita harus terbiasa dulu dengan bahasa sederhana. Jika anda sudah menguasai bahasa ini, anda akan lebih mudah menguasai bahasa-bahasa lebih spesifik atau tekhnis seperti yang saya utarakan tadi. Bahsa sederhana ini saya bisa katakan sebagai pondasi bagi siapa saja yang ingin belajar bahasa inggris. Anda bisa melihat kumpulan dari kata-kata sederhana itu melalui internet, buku atau banyak bertanya.

3. Belajar simple present, past dan future.
I am Iman, She is Rani, He is Roy
I go to school, I went to school, I will go to school
Iya, ini memang yang menjadi kendala kebanyakan para pemula. Banyak yang mengatakan grammar atau tenses tidak perlu dipelajari, sebenarnya belajar grammar itu perlu sekali. Bagaimana kita bisa menciptakan suatu kalimat tanpa mengetahui tenses. Yang salah itu adalah terlalu fokus pada teses/grammar. Jadi misalkan ada yang mengatakan belajar grammar tidak perlu sama sekali, itu salah. Simple present, past and future tenses kenapa saya tekankan Anda untuk mempelajarinya, karena ini merupakan sebuah kunci utama Anda agar bisa berbicara dalam bahasa inggris. Cukup dengan menguasai 3 tenses diatas sudah cukup membuat Anda mampu berbahasa inggris meskipun belum sempurna. Saya tidak menekankan pada 16 tenses. Jika Anda menguasai 3 tenses ini, maka Anda akan lebih mudah memasuki 16 tenses yang ada.

4. Latihan mengucapkan dengan benar.
Jika Anda mampu mengucapkan bahasa inggris dengan benar Anda akan terdengar fasih layaknya seorang penutur asli bahasa inggris. 
Perbanyak membaca merupakan salah satu kebiasaan yang dapat membuat pronunciation atau pengucapan bahasa inggris Anda dapat meingkat dengan peast. Anda akan sulit dipahami lawan bicara jika Anda mengucapkannya dengan salah karena bisa jadi dapat menimbulkan makna lain. Perlunya belajar pronounciation karena konteks tulisan dan pengucapan bahasa inggris itu berbeda. Tak jarang banyak orang yang mengatakan bahwa behasa inggris itu bahasa yang membingungkan. Masa tulisan dan bacaannya berbeda. Disisi lain mengapa kita harus belajar pronounciation, agar kita dapat mengucapkan sesuatu dengan terang dan yakin tanpa ragu-ragu.

5. Perbanayak Mengulang/praktek.
Jika kamu melakukan sesuatu secara berulang-ulang hingga mencapai 10.000 kali, bisa dipastikan kamu ahli dalam bidang tersebut.
Orang yang ahli dibidang sesuatu itu karena ia selalu mengualangi bidang nya tersebut. Jika kamu ingin menjadi pe-golf handal, lakukan sebanyak mungkin pukulan hingga mencapai target 10.000 kali. Itu merupakan salah satu rahasia seorang pe golf dunia. Nah begitupun dengan bahasa inggris, jika hari-hari Anda mempraktekkannya  dan rajin mengulang-ulang, maka Anda juga bisa menjadi ahlinya. Bukankah orang barat lancar berbicara karena tiap hari kata-kata inggris terus yang mereka ucapkan? Kalo memang itu tidak mengherankan, coba Anda pikirkan, jika Anda punya bahasa daerah, bagaimana Anda bisa menguasai bahasa daerah Anda? Bukankah karena itu yang tiap hari Anda gunakan dan ulang-ulang?

6. Jangan Takut Salah
Orang yang sukses salah dulu baru benar. 
Salah itu biasa. Salah itu makanan orang yang baru belajar. Jika dalam mempelajari bahas Inggris malu atau takut karena membuat kesalahan, tidakah Anda fikir, orang barat yang notabenenya jago bahasa inggris sering kok melakukan kesalahan. Tak percaya, coba Anda sering nonton di TV, ataupun ditulisan-tulisan tak jarang mereka juga melakukan kesalahan terlebih saat berbicara. Satu yang saya tekankan, Jika pesan sudah tersampaikan kepada lawan bicara, kesalahan itu bukanlah masalah. Toh yang kita pelajari bahasa asing bukan bahasa asli kita sendiri. Yang bikin malu itu kalau membuat kesalahan dalam bahasa sendiri. 

7. Perbanyak Mendengarkan.
Ini nih, dari guru biasa-biasa sampai guru luar biasa percaya bahwa mendengarkan merupakan raja dari segala raja dalam mempelajari bahasa. 
Mendengarkan selama 30 menit percakapan bahasa inggris sehari jika dilakukan secara terus menerus hingga mencapai 6 bulan, Anda bisa dipastikan akan lancar berbicara bahasa Inggris.
Tidak percaya? Ini adalah ungkapan dari seorang guru bahasa Inggris nomor 1 didunia yaitu A.J Hoge yang memiliki jutaan didikan. Dia melakukan berbagai penelitian dan juga riset bahwa salah satu hal yang dapat meningkatkan pengetahuan bahasa Inggris dengan cepat adalah dengan cara perbanyak mendengarkan bahasa inggris. Entah itu menonton (lebih bagus), mendengarkan lagu inggris, conversation dll. Intinya sisihkan waktu anda selama 30 menit dalam sehari untuk mendengarkan audio atau film berbahasa Inggris. Anda bisa mendapatkan itu semua secara gratis melalui internet.

8. Jadikan Bahasa Inggris Sebagai "Alat" Bukan "Pelajaran".
Teman-teman ini merupakan faktor yang paling mendasar, mengapa banyak orang yang sudah bertahun-tahun belajar bahasa inggris tapi tak pernah pintar-pintar juga. Alasanya karena kita menjadi kan bahasa Inggris seperti matematika, Ipa dan pelajaran lain yang kita dapat disekolah maupun dikampus. 
Bahasa itu adalah alat, dan bahasa itu sifatnya fleksibel. 
Jika Anda menjadikan itu sebagai sesuatu yang harus dipelajari seperti yang ada disekolahan, itu sama saja Anda membebani diri Anda. Dalam bahasa, jika pesan sudah tersampaikan, urusanpun selesai. Paham maksud saya? Coba anda bayangkan bagaimana orang berkomunikasi menggunakan bahasa tubuh.

Oke guys, itulah beberapa point-point penting yang harus Anda lakukan jika ingin menguasai bahasa Inggris dengan cepat. Lakukan hal ini secara berlanjut demi hasil maksimal. Sekali lagi, jangan pernah malas mempraktekan bahasa Inggris Anda dan jangan pernah takut salah! Anda harus percaya diri bahwa Anda bisa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel